Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Problem Solving Dengan Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share dan Group Investigation Di Tinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX MTs.

Hidayat, Ahmad (2017) Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Problem Solving Dengan Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share dan Group Investigation Di Tinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-hidayat-13709251085.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran cooperative learning type think pair share (TPS) dan group investigation (GI) ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas IX MTs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent ( Pretest dan posttes ) . Penelitian tersebu tmenggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX MTs Mafatihul Huda depok Cirebon dengan sampel penelitian dua kelas yang ditentukan dari seluruh kelas IX dengan perlakuan kelas IX Raudoh berupa model cooperative learning tipy TPS dan Kelas IX Madinah berupa model cooperative learning type GI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis, serta angket motivasi belajar, data dianalisis dengan uji one sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning type TPS dan GI efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis, ditinjau dari motivasi belajar siswa model pembelajaran cooperative learning type TPS tidak efektif dan model pembelajaran cooperative learning type GI efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe TPS, pembelajaran kooperatif tipe GI.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:09
Last Modified: 09 May 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48273

Actions (login required)

View Item View Item