Nilam, Risdayanti (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN PERSEPSI SISWA TENTANG CARA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN KECIL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Skripsi_nilam_12505241021.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran video animasi pada metode pelaksanaan pekerjaan arsitektur konstruksi bangunan gedung bertingkat rendah dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi menggunakan SketchUp pada metode pelaksanaan pekerjaan arsitektur konstruksi bangunan gedung bertingkat rendah. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development dengan mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D) melalui empat tahapan utama yaitu proses pendefinisian (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (Develop), dan proses penyebaran (disseminate). Instrumen kelayakan yang digunakan berupa expert judgement yang digunakan dalam validasi dan angket penilaian produk oleh mahasiswa untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran. Hasil pengembangan produk media pembelajaran berupa sembilan video animasi yang disajikan dalam media PowerPoint. Penilaian dari dosen ahli materi terhadap media pembelajaran dikategorikan “sangat layak” dengan persentase 83% . Penilaian oleh dosen ahli media dapat dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan persentase 88%. Selain itu dari penilaian dalam uji coba skala kecil pada mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan didapatkan perolehan persentase 77% yang dikategorikan “sangat layak”. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi, SketchUp, Metode Konstruksi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 01:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48272 |
Actions (login required)
View Item |