PERSEPSI SISWA TENTANG PERANAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Muhamad Firdaus, Ahla (2017) PERSEPSI SISWA TENTANG PERANAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Muhamad Firdausi Ahla_12505244005.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan: (1) tingkat iklim sekolah di paket keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih; (2) tingkat kinerja guru di paket keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih; dan (3) peranan iklim sekolah terhadap kinerja guru paket keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan iklim sekolah sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian merupakan siswa kelas XI paket keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih sebanyak 64 siswa. Sampel berjumlah 54 siswa ditentukan dengan tabel Issac dan Michael. Instrumen penelitian ini berbentuk angket. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat iklim sekolah di paket keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih termasuk tinggi dengan nilai rerata persepsi siswa terhadap iklim sekolah sebesar 63,5, kecenderungan persepsi siswa terhadap iklim sekolah kategori sangat tinggi sebesar 1,86% dan kategori tinggi sebesar 57,4%; (2) tingkat kinerja guru di paket keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih termasuk tinggi dengan nilai rerata persepsi siswa terhadap kinerja guru sebesar 73,5, kecenderungan persepsi siswa terhadap kinerja guru kategori sangat tinggi sebesar 31,49% dan kategori tinggi sebesar 53,7%; dan (3) iklim sekolah memiliki peranan yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru paket keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih dengan nilai r=0,699 dan nilai p=0,00<0,05. Sumbangan iklim sekolah terhadap kinerja guru paket keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih sebesar 48,9%, sedangkan 51,1% sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklim Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 13:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48271

Actions (login required)

View Item View Item