PENGARUH PERSEPSI PEMILIK ATAS TUJUAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI PELAKU USAHA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA MIIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (STUDI EMPIRIS PADA UMKM DI KABUPATEN BANJARNEGARA)

Wildan, Taufik Baihaqi (2017) PENGARUH PERSEPSI PEMILIK ATAS TUJUAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI PELAKU USAHA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA MIIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (STUDI EMPIRIS PADA UMKM DI KABUPATEN BANJARNEGARA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi_wildan taufik b_12812144019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Persepsi Pemilik atas Tujuan Laporan Keuangan terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada UMKM di Kabupaten Banjarnegara, (2) pengaruh Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada UMKM di Kabupaten Banjarnegara, dan (3) pengaruh Persepsi Pemilik atas Tujuan Laporan Keuangan dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada UMKM di Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausal komparatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh Pemilik UMKM di Kabupaten Banjarnegara sebanyak 50 UMKM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap 30 orang di luar subjek, namun masih memiliki karakteristik yang sama dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh Persepsi Atas Tujuan Laporan Keuangan terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kabupaten Banjarnegara. Hal ini ditunjukkan oleh sig sebesar 0,003 dan koefisien regresi sebesar 0,434, (2) Terdapat pengaruh Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kabupaten Banjarnegara. Hal ini ditunjukkan oleh sig sebesar 0,006 dan koefisien regresi sebesar 0,398, (3) Terdapat pengaruh Persepsi Atas Tujuan Laporan Keuangan dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha secara bersama-sama terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kabupaten Banjarnegara. Hal ini ditunjukkan oleh sig sebesar 0,003 dan koefisien regresi sebesar 0.315 dan 0,260.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pemilik atas Tujuan Laporan Keuangan, Pemahaman Akuntansi Pelaku Usaha, Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 13:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48256

Actions (login required)

View Item View Item