PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. JOGJA GRAHA SELARAS

Puspitasari, Gita (2017) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. JOGJA GRAHA SELARAS. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIFULL_10412141016_GITA PUSPITA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sistem informasi akuntansi persediaan yang sedang berjalan di PT Jogja Graha Selaras, (2) Merancang sistem informasi akuntansi persediaan yang dibutuhkan dan sesuai untuk PT Jogja Graha Selaras. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah PT Jogja Graha Selaras. Objek penelitiannya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku PT Jogja Graha Selaras yang meliputi dokumen yang digunakan, catatan yang mendukung, dan prosedur pembentukan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi analisis sistem, desain sistem, dan implementasi sistem. Berdasarkan hasil penelitian: (1) Sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku di PT Jogja Graha Selaras masih manual. (2) Perancangan sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku PT Jogja Graha Selaras menggunakan metode SDLC yaitu: (a) Analisis sistem meliputi analisis PIECES, analisis kebutuhan sistem dan kelayakan sistem. Hasil dari analisis sistem menunjukkan bahwa sistem lama mempunyai banyak kelemahan dan sistem baru layak untuk dikembangkan karena sistem baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam menghasilkan laporan terkait persediaan bahan baku. Secara ekonomi, sistem juga layak dikembangkan, dengan payback period 1 tahun 11 bulan 16 hari, NPV Rp 1.313.995,91. (b) Desain sistem menggunakan software MySQL sebagai pengolah database dan Visual Studio 2010 sebagai desain interface, dari desain tersebut terdapat 9 tabel yang meliputi: Tabel user, satuan, kategori, barang, supplier, kavling, barang masuk, tabel barang keluar dan 7 form meliputi: form satuan, kategori, barang, supplier, kavling, pembelian bahan baku dan pengeluaran bahan baku. (c) impementasi sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku dimulai dengan tahapan persiapan implementasi, pelatihan kepada calon user, dan pengujian sistem. Berdasarkan pengujian, sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku terbukti mampu memberikan informasi yang dibutuhkan yaitu: (a) Laporan Data Barang, (b) Laporan Data Supplier, (c) Laporan Data Kavling, (d) Laporan Stok Barang, (e) Laporan Data Barang Masuk, (f) Laporan Data Barang Keluar, (g) Laporan Pembelian, (h) Laporan Pemakaian Bahan Baku. Metode konversi yang dilakukan adalah metode konversi langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku, PT Jogja Graha Selaras, System Development Life Cycle (SDLC).
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Mar 2017 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 13:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48251

Actions (login required)

View Item View Item