LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

DIAN AJI KUNCARA JAT, DIAN AJI KUNCARA JAT (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I 3.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU 22.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program kegiatan mahasiswa yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan, dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan PPL di SMP Negeri Piyungan diawali dengan observasi yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh gambaran mengenai kondisi sekolah, meliputi sarana dan prasarana, fasilitas sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, organisasi, kegiatan pembelajaran, siswa, guru, dan karyawan sekolah. Tujuan kegiatan PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Selain itu, kegiatan PPL bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL dilaksanakan selama 2 bulan di SMP Negeri 1 Piyungan pada tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Kegiatan diawali dengan pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Kegiatan PPL yang dilakukan di SMP N 1 Piyungan adalah kegiatan praktik mengajar di kelas sebagai program utama. Program utama individu praktikan adalah membuat perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Praktikan mengampu pelajaran Penjasorkes sebanyak 14 kelas, yaitu kelas VII A sampai kelas VII H dan VIII A sampai kelas VIII F. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode Scientific serta kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Hasil dari kegiatan PPL selama dua bulan adalah pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tidak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMP Negeri 1 Piyungan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Mar 2017 08:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48235

Actions (login required)

View Item View Item