KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEXTPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BANTUL

Eka, Susanti (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEXTPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TASI_Eka Susanti_12203244036.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Textpuzzle dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre- and post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bantul. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 3 (21 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 (21 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel keseluruhan adalah 42 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari tes membaca bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 3,244 lebih besar dari ttabel = 2,021 dengan taraf signifikansi = 0,05. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 22,71 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 20,62 dengan bobot keefektifan sebesar 10,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Textpuzzle dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Textpuzzle, Keterampilan Membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:36
Last Modified: 27 Mar 2017 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48232

Actions (login required)

View Item View Item