KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TEST-TAKING TEAMS PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 GRABAG MAGELANG

Dyah, Arum Pratiwi (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TEST-TAKING TEAMS PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 GRABAG MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS_Dyah Arum Pratiwi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Grabag Magelang antara kelas yang diajar dengan teknik Test-Taking Teams dan yang kelas yang diajar dengan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik Test-Taking Teams pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Grabag Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eskperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Grabag Magelang yang berjumlah 161 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan simple random sampling. Kelas XI IPS 1 (25 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 (26 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian dengan uji-t menghasilkan thitung 3,201 lebih besar dari ttabel 2,00 dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 7,5%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 75,6 lebih besar dari kelas kontrol 72,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik Test-Taking Teams lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknik Test-Taking Teams, keterampilan membaca bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 13:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48231

Actions (login required)

View Item View Item