Dyah, Arum Pratiwi (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TEST-TAKING TEAMS PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 GRABAG MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
TAS_Dyah Arum Pratiwi.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Grabag Magelang antara kelas yang diajar dengan teknik Test-Taking Teams dan yang kelas yang diajar dengan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik Test-Taking Teams pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Grabag Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eskperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Grabag Magelang yang berjumlah 161 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan simple random sampling. Kelas XI IPS 1 (25 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 (26 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian dengan uji-t menghasilkan thitung 3,201 lebih besar dari ttabel 2,00 dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 7,5%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 75,6 lebih besar dari kelas kontrol 72,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik Test-Taking Teams lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Test-Taking Teams, keterampilan membaca bahasa Jerman |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 01:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48231 |
Actions (login required)
View Item |