KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Aji, Setiyowati (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS Aji Setiyowati 12203241032.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta antara yang diajar menggunakan metode integratif dan yang diajar tanpa menggunakan metode integratif, (2) keefektifan penggunaan metode integratif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre- and post-test control group design. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X-D (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-H (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu metode integratif sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung 3,712 lebih besar dari ttabel 1,669 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Bobot keefektifan adalah 7,79%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 30,03 lebih besar dari kelas kontrol 28,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode integratif efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode integratif, keterampilan membaca bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48229

Actions (login required)

View Item View Item