Aji, Setiyowati (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE INTEGRATIF DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
TAS Aji Setiyowati 12203241032.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta antara yang diajar menggunakan metode integratif dan yang diajar tanpa menggunakan metode integratif, (2) keefektifan penggunaan metode integratif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre- and post-test control group design. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X-D (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-H (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu metode integratif sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung 3,712 lebih besar dari ttabel 1,669 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Bobot keefektifan adalah 7,79%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 30,03 lebih besar dari kelas kontrol 28,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode integratif efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode integratif, keterampilan membaca bahasa Jerman |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 01:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48229 |
Actions (login required)
View Item |