PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA

Fatmawati, Eva and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan LKS berbasis Children Learning In Science yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika siswa SMA kelas X, 2) meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X pada materi gerak parabola melalui LKS berbasis Children Learning In Science, dan 3) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi gerak parabola melalui LKS berbasis Children Learning In Science. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: tahap menganalisis (analyze), mendesai (design), mengembangkan (develop), mengimplementasikan (implement), dan mengevaluasi (evaluate). LKS divalidasi oleh dosen ahli dan guru fisika dan diujikan awal ke kelas X MIPA 2 berjumlah 5 siswa dan setelah LKS direvisi kemudian diujikan ke kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 1 Seyegan untuk diidentifikasi keterpakaiannya. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) LKS berbasis Children Learning In Science layak digunakan dalam pembelajaran fisika siswa SMA kelas X berdasarkan validasi dari ahli pada aspek penilaian didaktif, aspek konstruksi, dan aspek teknis memiliki vaditasi isi yang baik, 2) persentase ketercapaian siswa dalam pemahaman konsep secara rata-rata mengalami peningkatan sebesar 50.73% dari nilai pretest sebesar 22.67% dan nilai posttest sebesar 73.4% pada uji terbatas, sedangkan, pada uji lapangan dalam pemahaman konsep mengalami peningkatan sebesar 58.38% dari 18.12% untuk nilai pretest dan 76.5% untuk nilai posttest, dan 3) persentase ketercapaian siswa pada keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 36% dari nilai pretetst sebesar 48% dan nilai posttest sebesar 84% pada uji terbatas, sedangkan pada uji lapangan keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 29.38% dari 58.12% untuk nilai pretest dan 87.5% untuk posttest. Kata Kunci : lembar kegiatan siswa, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48225

Actions (login required)

View Item View Item