ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI PADA KURIKULUM 2013 “E-RAPOR” UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Ofani, Dariyan (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI PADA KURIKULUM 2013 “E-RAPOR” UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
12520241009_OFANI DARIYAN_SKRIPSI.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Menjelang diberlakukannya aturan baru yaitu merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah, terkait perubahan mekanis penilaian pada kurikulum 2013, maka sekolah SMK secara nasional harus segera melakukan perubahan secepatnya mengenai proses pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai dan cara mengisi nilai rapor pada kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) merancang dan mengembangkan sistem informasi pengolahan data nilai pada kurikulum 2013 “E-Rapor” untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (2) mengetahui tingkat kelayakan perangkat lunak yang dikembangkan dari sisi functional suitability, reliability, usability dan efficiency performance pada ISO 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) serta prosedur yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini menggunakan model pengembangan ADDIE , yang dilakukan melalui 5 tahap yaitu tahap analisis (analysis ), tahap perancangan (design ), tahap pengembangan (development ), tahap implementasi (implementation ), dan tahap evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah (1) software sistem informasi pengolahan data nilai pada kurikulum 2013 “E-Rapor” untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dibuat dan dikembangkan menggunakan teknologi MVC berbasis framework Codeigniter, dan juga dibuat dengan beberapa library seperti : CometChat, Jquery, Datatables Server Side , Bootstrap, Toars dan Metronic. Secara garis besar sistem ini memiliki 3 user yaitu Administrator , Guru (Guru Mata Pelajaran atau Praktik, Guru Wali, Guru BP) dan Siswa. (2) sistem informasi ini telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 dengan hasil pengujian yang telah dilakukan pada aspek functional suitability mendapatkan hasil presentase sebesar 100%, pada pengujian usability mendapatkan nilai presentase sebesar 83.41 % “Sangat Layak” dan nilai alpha cronbach sebesar 0.912 “Sangat Baik” , pada pengujian efficiency performance menggunakan program Yslow mendapatkan nilai presentase sebesar 91% (sangat tinggi), sedangkan pada pengujian reliability menggunakan tools WAPT 9.3 didapatkan hasil 99.9% dengan kriteria “sangat tinggi”. Kata Kunci: Sistem Informasi, E-Rapor, pengolahan data nilai untuk K13, Kurikulum 2013, ADDIE , ISO 25010.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 13:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48217

Actions (login required)

View Item View Item