PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA PADA SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 2 MOYUDAN

Sailah Ribha, Sailah (2017) PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA PADA SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 2 MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku asertif melalui teknik psikodrama pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 2 Moyudan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Moyudan yang berjumlah 17 siswa. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku asertif, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Uji Validitas menggunakan validitas isi. Penelitian terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 3 tindakan. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kondisi awal perilaku asertif siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Moyudan tergolong sedang kebawah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil skala perilaku asertif pra tindakan dengan skor rata – rata 124,1 mengingat 100 merupakan batas bawah kategori sedang dan batas atas kategori sedang 149. (2) Perilaku asertif siswa dapat ditingkatkan melalui teknik psikodrama. Dalam penelitian ini dalam satu siklus meliputi tiga tindakan yang meliputi persiapan, pelaksanaan, pengisian skala. Dilihat dari hasil data kuantitatif rata – rata skor pra tindakan yaitu 124,1 dan meningkat sebanyak 13,4 skor sehingga rata – rata skor pada pasca tindakan I menjadi 137,5. Selanjutnya rata – rata skor siswa meningkat lagi sebanyak 20,8 skor sehingga rata – rata skor pada pasca tindakan II meningkat menjadi 158,3. (3) Observasi dan wawancara pada saat pemberian tindakan maupun setelah pemberian tindakan untuk peningkatan perilaku asertif pada siswa menunjukkan antusias yang tinggi dalam teknik psikodrama dari siklus I dan siklus II. Kata kunci: perilaku asertif, teknik psikodrama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Mar 2017 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 13:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48209

Actions (login required)

View Item View Item