LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

NUR UTAMI LATIFAH, NUR UTAMI LATIFAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah praktik yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan UNY. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL ini yaitu memberikan mahasiswa pengalaman dan pandangan dalam menghadapi dunia kerja sebagai seorang guru. Mahasiswa yang mengikuti program PPL ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi professional dan kompetensi kepribadian sebagaimana yang harus dimiliki oleh seorang calon guru. Kegiatan PPL yang diikuti oleh mahasiswa UNY tahun 2016 dilaksanakan selama 2 bulan dengan hari aktif PPL yaitu hari senin sampai hari jumat sore. Periode pelaksanaan PPL tahun 2016 adalah tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Mahasiswa resmi diterjunkan ke sekolah yaitu tanggal 15 Juli 2016 namun mulai aktif dalam kegiatan sekolah pada tanggal 18 Juli 2016. Lokasi PPL yaitu di SD Negeri Percobaan 3 yang beralamat di Jalan Kaliurang km 17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kelas yang digunakan untuk praktik mengajar mahasiswa PPL di SD Negeri Percobaan 3 yaitu kelas 2, 3, 4, dan 5. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu observasi sebagai kegiatan awal, mengajar terbimbing, mengajar mandiri, ujian praktik mengajar, dan pelaksanaan program kerja. Mengajar terbimbing dilakukan sebanyak 4 kali dengan pelaksanaan 2 kali di kelas atas dan 2 kali di kelas awal. Pelaksanaan dari mengajar terbimbing ini yaitu konsultasi RPP kepada guru dan juga mengajar separuh waktu. Mengajar mandiri dilakukan sebanyak 4 kali dengan pelaksanaan 2 kali di kelas atas dan 2 kali di kelas awal. Pelaksanaan dari mengajar mandiri ini yaitu melakukan konsultasi RPP kepada guru dan juga mengajar dengan waktu penuh. Sedangkan ujian praktik mengajar dilakukan sebanyak 2 kali masing-masing di kelas tinggi dan rendah. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam praktik mengajar yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan yang dilakukan sebelum mengajar yaitu meliputi pembuatan RPP, pembuatan media, dan konsultasi RPP kepada guru kelas. Pelaksanaan pratik mengajar yaitu mahasiswa mengajar di kelas dengan ditemani oleh guru kelas untuk menilai proses mengajar mahasiswa. Seletah selesai mengajar mahasiswa melakukan evaluasi untuk mengetahui kekurangan selama proses mengajar berlangsung. Selama pelaksanaan PPL mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman berharga di SD Negeri Percobaan 3 mulai dari pengelaman mengajar di kelas, mengadakan kegiatan di sekolah, dan membantu akreditasi sekolah. Setelah pelaksanaan PPL dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi SD Negeri Percobaan 3 memiliki keaktifan belajar yang tinggi, hal ini terlihat ketika pelaksanaan mengajar di kelas semua siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan juga aktif bertanya. Selama pelaksanaan PPL mahasiswa tidak menemui hambatan yang cukup serius. Hubungan antara mahasiswa dengan siswa, guru, karyawan, dan DPL PPL berjalan dengan sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Mar 2017 23:20
Last Modified: 20 Mar 2017 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48172

Actions (login required)

View Item View Item