PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN TUNAI BERBASIS WEB PADA BOGIMIN CRAFT JALAN KASONGAN KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

Arsyad, Dyan Prasetyo (2017) PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN TUNAI BERBASIS WEB PADA BOGIMIN CRAFT JALAN KASONGAN KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Arsyad Dyan_12812141028.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui sistem akuntansi penjualan tunai yang sedang berjalan pada Bogimin Craft, dan (2) merancang sistem akuntansi penjualan tunai berbasis web sesuai untuk Bogimin Craft. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Subjek penelitian ini adalah Bogimin Craft yang beralamat di Jalan Kasongan, RT 02, DK 17, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Objek dalam penelitian ini adalah sistem akuntansi penjualan tunai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam perancangan sistem akuntansi penjualan tunai berbasis web pada Bogimin Craft adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan analisis sistem, tahapan perancangan sistem, dan tahapan implementasi sistem. Analisis sistem dengan analisis PIECES, analisis kebutuhan sistem dan analisis kelayakan sistem. Desain program dalam sistem akuntansi penjualan tunai berbasis web meliputi desain input, desain output, dan desain database . Implementasi sistem memaparkan pengujian aplikasi sistem berbasis web dan konversi sistem baru pada Bogimin Craft. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa (1) sistem akuntansi penjualan tunai yang telah diterapkan pada Bogimin Craft masih bersifat manual. (a) Fungsi yang terkait adalah fungsi penjualan, fungsi gudang dan produksi, dan fungsi akuntansi. (b) Dokumen yang digunakan adalah nota penjualan. (c) Catatan yang terkait adalah laporan penjualan dan daftar stok barang. (d) Flowchart sistem akuntansi penjualan tunai pada Bogimin Craft terdiri dari bagian penjualan, bagian produksi dan gudang, bagian akuntansi. (2) Sistem akuntansi penjualan tunai berbasis web yang dirancang terdiri dari desain input, desain output, dan desain database. (a) Desain input terdiri dari 10 form input (pendaftaran pelanggan, login pelanggan, kantong belanja, input barang, input kategori, tarif pengiriman, konfirmasi pembayaran, login admin web, login admin kasir, penjualan offline). (b) Desain output terdiri dari 10 laporan (data pelanggan, katalog barang, pesanan barang, invoice, persediaan barang, penjualan online, penjualan offline, penjualan total, best seller, log aktifitas). (c) Untuk desain database terdiri dari 10 tabel (pelanggan, admin, pesanan, detail pesanan, konfirmasi, kategori, barang, tarif pengiriman, laporan barang, log aktifitas). Untuk desain input dan desain output dirancang menggunakan software Bootstrap dan Laravel, sedangkan untuk desain database menggunakan MySQL. Konversi sistem menggunakan metode konversi paralel. Hasil implementasi dapat berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh Bogimin Craft.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audit Report Lag, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas,Solvabilitas, Jenis Industri, Afiliasi KAP
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:51
Last Modified: 20 Mar 2017 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48157

Actions (login required)

View Item View Item