Model Penanaman Nilai Kerja dan Faktor-Faktor Determinan Hasil PNK di SMP

Yahya, Muhammad (2010) Model Penanaman Nilai Kerja dan Faktor-Faktor Determinan Hasil PNK di SMP. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-muhammad-yahya-06702261005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penanaman nilai kerja bagi anak sejak usia muda merupakan hal yang urgen untuk dilakukan guna mempersiapkan manusia dewasa yang produktif, berjiwa usahawan, dan mampu berkompetisi secara global. Pendidikan saat ini, masih cenderung mementingkan aspek kognitif sebagai tujuan akhir pembelajaran ketimbang aspek afektif dan psikomotor, sehingga diduga sebagai salah satu penyebab rendahnya watak keunggulan dan produktif lulusan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk: (1) menemukan model dan hasil penanaman nilai kerja (PNK) yang efektif dan produktif diintegrasikan pada pelajaran keterampilan di SMP; dan (2) menemukan faktor-faktor yang menjadi penentu terhadap penanaman nilai kerja (PNK) di SMP. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D). Desain R & D mengikuti langkah: tahap prapengembangan yang meliputi: telaah teori dan kompetensi keterampilan, identifikasi kebutuhan pengembangan model pembelajaran, karakteristik siswa, dan analisis data, tahap pengembangan model meliputi; penentuan model pengembangan, dan pembuatan prototipe model, dan tahap penerapan model meliputi kegiatan: validasi pakar dan praktisi, ujicoba, evaluasi dan implementasi. Subjek penelitian melibatkan siswa SMP kelas 2 dan 3 berjumlah 621 orang. Validasi instrumen menggunakan analisis faktor konfirmatori (CFA) dan reliabilitas digunakan Cronbach Alpha. Kecocokan model PNK diuji dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software LISREL 8.71. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) ditemukan model PNK yang efektif dan produktif menumbuhkan nilai kerja bagi siswa SMP, melalui 6 langkah proses, yaitu: (a) konstruksi minat kerja; (b) produksi; (c) akses kemajuan, memproses dan klarifikasi; (d) pemaknaan hasil kerja; (e) pameran dan penjualan; dan (f) refleksi disingkat KPAMPR; (2) model PNK cocok (fit) digunakan untuk menumbuhkan nilai kerja bagi siswa SMP, yang ditunjukkan dengan nilai p-value 0.5638 > 0.05 dan hasil goodness of fit index; RMSEA= 0.01161<0.08, CFI = 0.9785>0.08, PGFI = 0.7580 > 0.06, yang berarti model mendapat dukungan secara empiris atau model fit digunakan pada PNK di SMP; (3) faktor-faktor determinasi hasil PNK di SMP diperoleh sebagai berikut: (a) pilihan kejuruan siswa SMP dipengaruhi secara signifikan oleh jenis keterampilan yang dikembangkan sekolah, jender, dan jenis pekerjaan ibu; dan (b) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penanaman nilai kerja yang direpresentasikan oleh wawasan wirausaha dipengaruhi secara signifikan oleh variabel laten eksogenous: bimbingan kerja, minat kerja, penguasaan teknologi; dan variabel laten endogenous: apresiasi kerja dan kepuasan belajar, dengan kontribusi total dari semua variabel yang dikaji sebesar 75,46% dapat menumbuhkan wawasan wirausaha siswa SMP.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai kerja, faktor determinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48154

Actions (login required)

View Item View Item