Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Problem Based Learning pada Hasil Belajar, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa SD

Mawardi, Dona Ningrum (2011) Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Problem Based Learning pada Hasil Belajar, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dona-ningrum-mawardi-09709251006.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Problem-Based Learning ditinjau dari aspek hasil belajar, motivasi belajar, dan sikap siswa SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretes-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD/MI se-Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul yang terdiri dari 34 SD/MI. Diambil empat sekolah sebagai sampel, dua sekolah digunakan sebagai kelompok eksperimen (kelompok eksperimen 1 yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan PMRI terdiri dari 35 siswa dan kelompok eksperimen 2 yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL terdiri dari 25 siswa), dan dua sekolah sebagai kelompok kontrol yang dalam pembelajarannya mengunakan pendekatan konvensional, kelompok kontrol terdiri dari 30 siswa. Dalam satu sekolah masing-masing diambil satu kelas sebagai kelompok pengambilan data penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda dan uraian, wawancara mengenai motivasi belajar, serta angket sikap. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI dan pendekatan PBL digunakan analisis indeks keefektifan dan uji proporsi. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan data dianalisis dengan menggunakan Kontras Helmert. Hasil penelitiannya adalah: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI efektif ditinjau dari hasil belajar, motivasi belajar, dan sikap siswa SD; 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL efektif ditinjau dari hasil belajar, motivasi belajar, dan sikap siswa SD; 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari hasil belajar, motivasi belajar, dan sikap siswa SD; 4) pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI lebih efektif ditinjau dari hasil belajar matematika daripada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional; 5) keefektifan pembelajaran matematika tidak berbeda antara pendekatan PMRI dan pendekatan PBL dengan konvensional ditinjau dari hasil belajar, motivasi belajar dan sikap siswa SD; dan 6) keefektifan pembelajaran matematika tidak berbeda antara pendekatan PMRI dengan pendekatan PBL ditinjau dari hasil belajar, motivasi belajar dan sikap siswa SD.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Mar 2017 07:49
Last Modified: 09 May 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48144

Actions (login required)

View Item View Item