KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA

Puji Astuti, Suryani and Wilujeng, Insih (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI, KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH, DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Suryani Puji Astuti_13302241002_Pendidikan Fisika I.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keefektifan pembelajaran fisika model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model konvensional ditinjau dari masing-masing aspek hasil belajar yang meliputi penguasaan materi, keterampilan memecahkan masalah, dan sikap kerjasama peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk desain nonequivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N 1 Kretek. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning (PBL) sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan dengan model konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa pretest dan posttest penguasaan materi, pretest dan posttest keterampilan memecahkan masalah, angket sikap kerjasama, dan lembar observasi sikap kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan materi dan keterampilan memecahkan masalah, namun tidak terdapat perbedaan sikap kerjasama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional. Pembelajaran fisika model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional ditinjau dari penguasaan materi dan keterampilan memecahkan masalah. Pembelajaran fisika model Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional sama-sama tidak berpengaruh terhadap sikap kerjasama peserta didik. Kata-kata kunci: keefektifan, pembelajaran fisika, model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 13:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48130

Actions (login required)

View Item View Item