Burhan, Nurgiyantoro KESEJAJARAN BENTUK TES PILIHAN GANDA DENGAN TES CLOZE DALAM TES MEMBACA PEMAHAMAN. -. (In Press)
|
Text
Kesejajaran_Bentuk_Tes_Pilihan_Ganda.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Ada banyak cara yang distandarkan untuk mengukur kemampuan membaca, antara lain mempergunakon bentuk betul-salah,"melengkapi kalimat, pilihan ganda, pembuatan ringkasan atau rangkuman, cloze test, C-test. Teknik yang populer dipakai adalah format bentuk tes pilihan ganda. Namun, format tersebut sering dikritik karena jawaban benar dapat diperoleh lewat lebih dari satu cara, misalnya dengan cara menebak di samping adanya keraguan kemampuan siswa memahami sungguh- sungguh ;wacanayang diteskan karena tanpa adanya penilaian dalam pemilihan Jawaban yang benar. Proses pemilihan jawaban yang benar belum tentu mencerminkan proses yang terlibatkon sebagaimana dalam konteks membaca yang sebenamya. Untuk mengatasi keadaan itu dapat dipergunakan tes bentuk lain, yang dalam hal ini adalah tes doze. Sebagaimana terlihat dalam dukungan teori dan kemudian diperkuat lewat penelitian pengembangan alat tes tes membaca pemahaman, terdapat kesejajaran antara bentuk tes pilihan ganda dengan tes doze. Hal itu menyuratkan matu pengertian bahwa kedua bentuk tes tersebut sama-sama dapat dipakai untuk menyadap kemampuan membaca pemahaman. Keduanya dapat dipakai secara bersama, saling melengkapi dan saling menggantikan, dan akon memberikan hasil yang kurang lebih sama.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Perpustakaan |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Users 93 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 15:44 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 15:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |