PENGARUH PENGGUNAAN CLASSROOM READING PROGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD 2 KARANGDUWUR WONOSOBO

Dewi, Tyas Kartika (2017) PENGARUH PENGGUNAAN CLASSROOM READING PROGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD 2 KARANGDUWUR WONOSOBO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tyas Kartika Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan classroom reading program terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD 2 Karangduwur Wonosobo. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi dan variabel bebas yaitu classroom reading program. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD 2 Karangduwur yang berjumlah 12 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mean dan uji paried t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan classroom reading program terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD 2 Karangduwur Wonosobo. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitunglebih besar dari pada t tabel (5,313>2,228), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05); dan (2) Terdapat pengaruh classroom reading program terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi kelas V SD 2 Karangduwur. Hal ini ditunjukan dari perbandingan nilai mean pretest dan mean posttest, dimana nilai mean posttest lebih besar dari nilai mean pretest (85,16>72,41) dengan selisih skor 12,76. ada pengaruh penggunaan classroom reading program terhadap hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas V SD 2 Karangduwur, yaitu dengan diadakan perpustakaan kecil didalam kelas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mean pretest keterampilan menulis karangan narasi sebesar 67,25 dan mean posttest sebesar 89,42. Selisih nilai mean pretest dan mean posttest sebesar 22,17. Kata kunci: classroom reading program, keterampilan menulis karangan narasi, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2017 06:46
Last Modified: 30 Jan 2019 13:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48128

Actions (login required)

View Item View Item