PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SIRAU KARANGMONCOL PURBALINGGA

Primasari, Evi Dwi (2017) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SIRAU KARANGMONCOL PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Evi Dwi Primasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif IPA melalui pembelajaran dengan model Group Investigation pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sirau, Karangmoncol, Purbalingga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Sirau yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 hingga bulan September 2016 di SD Negeri 3 Sirau yang beralamat di Sirau, Karangmoncol, Purbalingga. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA, lembar observasi guru, dan lembar observasi keaktifan siswa. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Sirau mengalami peningkatan. Pada pra siklus, persentase keaktifan siswa menunjukkan persentase cukup sebesar 52,77% dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V memiliki rata-rata 62,5. Pada penggunaan model pembelajaran Group Investigation siklus I, persentase keaktifan siswa meningkat sebesar 68,24% atau dalam kategori tinggi dan hasil belajar kognitif IPA memiliki rata-rata 69. Pada siklus II, persentase keaktifan siswa meningkat sebesar 83,11 atau dalam kategori sangat tinggi dan hasil belajar kognitif IPA memiliki rata-rata 77,33 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut diantaranya juga diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa pada setiap aspeknya. Aspek tersebut diantaranya yaitu semangat dan antusias dalam pembelajaran, keterlibatan saat diskusi kelompok, keberanian saat menyampaikan laporan dan menyimpulkan materi. Kata kunci : Keaktifan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Invsetigation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2017 06:03
Last Modified: 30 Jan 2019 13:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48124

Actions (login required)

View Item View Item