LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ervina Julia Saraswati, Ervina Julia Saraswati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita telah dilaksanakan oleh mahasiswa sejak tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 9 mahasiswa yang semuanya berasal dari program pendidikan luar biasa. Selama kegiatan PPL / Magang III, mahasiwa melakukan praktik mengajar terbimbing dengan satu siswa disatu kelas sebanyak 4 kali pertemuan dan praktik mengajar mandiri 6 kali. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari melakukan observasi, persiapan mengajar dan pelaksanaan. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Selama PPL / Magang III, terdapat beberapa kemajuan yang dialami siswa setelah mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing terutama perkembangan dalam perilaku anak. Selain itu, ada kegiatan keterampilan yang dilakukan rutin selama lima hari di sekolah yang dilaksanakan di sela-sela jam belajar. Kegiatan tersebut yaitu pendampingan pagi ceria, pendampingan literasi, game show kemerdekaan, pendampingan makan, pendampingan massage, pendampingan olahraga, pendampingan senam pagi, pendampingan upacara bendera, pendampingan karawitan, pendampingan menari, pendampingan menyanyi, pendampingan jalan sehat dan renang. Penataan buku perpustakaan dan pembuatan media visual support sekolah juga dilakukan sebagai program untuk sekolah. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya, dikarenakan mahasiswa mendapat pengalaman baru untuk mendidik dan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, RPP, kegiatan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Mar 2017 01:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48092

Actions (login required)

View Item View Item