PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA ABAD XXI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

Jumadi, Jumadi and Insih, Wilujeng and Senam, DR (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA ABAD XXI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PASCA.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tahun kedua dari rencana penelitian tiga tahun, yang berjudul “Pengembangan Pembelajaran IPA Abad XXI Berbasis Scientific Approach Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMP”. Untuk tahun pertama telah dilakukan need assessment dan pengembangan perangkat pembelajaran yang telah diujicobakan secara terbatas. Tujuan penelitian untuk tahun kedua ini adalah 1) Uji coba secara luas produk penelitian tahun pertama yang berupa perangkat pembelajaran IPA Abad XXI berbasis scientific approach sesuai tuntutan kurikulum 2013 untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP; 2) Menerapkan model pembelajaran IPA berdasarkan perangkat pembelajaran hasil ujicoba luas dan revisi yang telah dilakukan; 3) Menyelidiki peningkatan scientific literacy dan kompetensi abad XXI peserta didik. Kompetensi abad XXI yang diteliti mencakup foundational knowledge, meta knowledge dan humanistic knowledge akan dioptimalkan dicapai oleh peserta didik. Model pembelajaran berbasis scientific approach yang digunakan meliputi experience learning theory model, lateral and creative thinking model, science environtment technology society model, susan loucks horseley model, project based learning, dan self regulated learning model. Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan eksperimen. Penelitian ini akan dilakukan di SMP yang dijadikan pilot project kurikulum 2013 diberbagai daerah di Indonesia yang meliputi wilayah kota Singkawang, kota Banjarmasin, kota Makassar, kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Brebes, dan kabupaten Kendal. Untuk tahun ketiga direncanakan untuk desseminasi produk melalui media android mobile phone agar terjadi perluasan akses belajar dari dimensi tempat dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dari uji coba secara luas terhadap produk, ada beberapa bagian yang perlu direvisi, 2) Perangkat pembelajaran yang sudah direvisi berdasarkan ujicoba luas dapat diterapkan dalam pembelajaran, 3) Ada peningkatan scientific literacy dan kompetensi abad XXI setelah siswa mendapatkan pembelajaran berdasarkan perangkat pembelajaran hasil ujicoba luas.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2016
Uncontrolled Keywords: embelajaran IPA abad 21, pendekatan ilmiah, literasi sains, kurikulum 2013, kompetensi abad XXI.
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Mar 2017 01:18
Last Modified: 16 Mar 2017 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48087

Actions (login required)

View Item View Item