LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Meita Hapsariningrum, Meita Hapsariningrum (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241063_MEITA_HAPSARININGRUM_PG-PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam lingkungan kelas secara nyata. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang professional. Dimana mahasiswa harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segikualitas. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan dituntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan di TK KKLKMD Sidomaju adalah kurikulum 2010 dan dalam proses kegiatan pembelajaran kita mahasiswa PPL mengikuti kurikulum dari sekolah yaitu kurikulum 2010. . Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi : pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di TK dan kegiatan persiapan mengajar di kelas. Kegiatan PPL di TK KKLKMD Sidomaju dilaksanakan 4 kali terbimbing, 2 kali mengajar mandiri, dan 2 kali ujian. Dilihat dari ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki oleh TK KKLKMD bisa dibilang masih terbatas . dengan segala keterbatasan tersebut mahasiswadiharapkan mampu memberikan inovasi baru agar kegiatan pembelajaran di TK KKLKMD menjadi menarik bagi anak-anak. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa mendapatkan bimbingan dari pihak sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Media maupun alat peraga dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Dengan kegiatan PPL tersebut kami berharap agar ilmu yang telah kami dapatkan di bangku kuliah dapat di aplikasikan di bangku sekolah dan juga ilmu yang kami berikan bermanfaat bagi banyak orang. Selain mengaplikasikan ilmu yang kami dapatkan di bangku kuliah selama PPL ini berlangsung kami banyak sekali mendapat ilmu baru yang tidak kami dapat dibangku kuliah. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Pendidik, Anak
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Mar 2017 00:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48080

Actions (login required)

View Item View Item