LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Meilani Ika Pratiwi, Meilani Ika Pratiwi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241062_MEILANI_IKA_PRATIWI_PG-PAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY.) PPL ini dilaksanakan guna mencari pengalaman mengajar secara langsung yakni pengalaman yang tidak didapat dibangku perkuliahan melainkan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya, serta meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PPL kali ini mengambil tempat di TK KKLKMD Sidomaju, yang beralamatkan di Plebengan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, DIY. Kegiatan PPL ini diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini meliputi dua tahap yakni tahap observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL dan tahap pelaksanaan PPL yang meliputi progam pengajaran atau praktek mengajar di sekolah. Kegiatan pengajaran dilakukan di TK kelompok A dan TK kelompok B yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas A1 dengan jumlah siswa 14, kelas A2 dengan jumlah siswa 15, kelas A3 dengan jumlah siswa 16, kelas B1 dengan jumlah siswa 26 dan kelas B2 dengan jumlah siswa 17. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak delapan kali yang terdiri empat kali praktek terbimbing, dua kali praktek mandiri, dan dua kali ujian. Dalam satu kelompok terdiri dari 11 orang yang masing-masing mengajar di kelas A dan B dengan total 8 kali mengajar. Namun, tidak semua mengajar di kelima kelas tersebut. Adapun kelas yang praktikan gunakan untuk praktek adalah kelas A2, A3, dan B2. Selain kegiatan mengajar terdapat pula kegiatan non-mengajar yakni meliputi kegiatan mural di dinding bangunan sekolah, kegiatan jalan-jalan (special day) dan lomba-lomba untuk memperingati HUT RI. Kegiatan PPL di TK KKLKMD Sidomaju ini berjalan dengan lancar selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengajaran, TK
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Mar 2017 00:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48079

Actions (login required)

View Item View Item