PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK WETAN KELURAHAN PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Dewi, Yuyun Afrina (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK WETAN KELURAHAN PANGGUNGHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yuyun Afrina Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Krapyak Wetan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan pada semester I Tahun ajaran 2015/2016 dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Krapyak Wetan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Krapyak Wetan. Hasil penelitian menunjukan dalam proses pembelajaran siswa yang awalnya pasif menjadi aktif dalam bekerjasama, bertanggungjawab, dan menghargai pendapat orang lain dalam kegiatan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukan pada pra tindakan diperoleh ketuntasan 3 siswa atau 12% dan belum tuntas ada 21 siswa atau 88%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75 nilai standar yang ditentukan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan 9 siswa atau 37% dan belum tuntas ada 15 siswa atau 63%, artinya ada kenaikan hasil belajar pra tindakan ke siklus I. Pada siklus II mengalami kenaikan ketuntasan yaitu 21 siswa atau 87% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 13%, dengan demikian ada kenaikan dari siklus I ke Siklus II. Hasil belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ≥75% siswa sudah mencapai KKM. Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Model Kooperatif Tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:26
Last Modified: 30 Jan 2019 13:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48075

Actions (login required)

View Item View Item