PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) SISWA KELAS V SD 3 JARAKAN SEWON, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Ati, Yuliana Kama (2017) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) SISWA KELAS V SD 3 JARAKAN SEWON, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yuliana Kama Ati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi belajar siswa denang peningkatkan model Problem Based Introduction (PBI) pada siswa kelas V SD 3 Jarakan, Tahun ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subyek penelitian siswa kelas V SD 3 Jarakan yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. masing- masing perencanaan, pelaksanaan dalam dua siklus tindakan. masing- masing siklus terdiri dari enam pertemuan. Pada seta yang tiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75 % dari jumlah siswa motivasi telah mencapai minimal berkategori tinggi, maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Introduction dapat peningkatan motivasi belajar siswa. peningkatan berdasarkan pada hasil pra tindakan yang menunjukan siswa belum terlihat motivasi dalam pembelajaran, seperti siswa memperhatikan guru saat menjelaskan materi, siswa berani bertanya apa bila tidak mengerti,dan semakin banyak siswa tidak ragu untukbertanya, apa bila tidak mengerti, dan memberikan pendapat saat diskusi kelompok. Pada siklus II, peningkatan lebih maksimal, semakin banyak siswa tidak ragu bertanya dalam mengemukan pendapat. Dan siswa menjawab peningkatan juga dilihat dari persentase motivasi belajar siswa. Persentase motivasi belajar siswa siklus I sebesar 58,3% dan siklus II sebesar 92% . Sehingga motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II dipersentasikan sebesar 33,7% dengan demikian model PBI dapat peningkatan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Motivasi belajar siswa, pembelajaran Problem Based Introduction (PBI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:19
Last Modified: 15 Mar 2017 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48074

Actions (login required)

View Item View Item