PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 3 SDN SAWIT SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Keraf, Yohanes Lagadoni (2017) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 3 SDN SAWIT SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yohanes Lagadoni Keraf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran bangun datar persegi dan persegi panjang menggunakan media papan berpaku pada siswa kelas 3 SD N Sawit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar kelas III. Desain penelitian yang digunakan oleh Kemmis dan Mc Taggart (1998) yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD N Sawit, Sewon, Bantul, Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses pada penggunaan media papan berpaku pada kelas 3 SD N Sawit, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Instrumen yang digunakan yaitu hasil tes akhir setiap siklus dan wawancara yang dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media papan berpaku pada pembelajaran bangun datar persegi dan persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus 1 yaitu dari 62 menjadi 66 dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 66 menjadi 80. Selain itu dari hasil observasi menunjukan bahwa penggunaan media papan berpaku sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran matematika karena suasana belajar lebih menyenangkan, siswa lebih muda memahami materi yang dipelajari dan guru lebih mudah dalam mengajar. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan media papan berpaku agar hasil belajar matematika bangun datar dapat meningkat. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Media Kongkret, Papan Berpaku, Kelas 3 SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:54
Last Modified: 30 Jan 2019 13:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48070

Actions (login required)

View Item View Item