LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

WarihAnggiPratiwi, WarihAnggiPratiwi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241006 WARIH ANGGI PRATIWI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih 2 bulan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa kependidikan ketika kelak sudah menjadi guru. PPL I dimulai dengan pembelajaran mikro agar mahasiswa siap untuk mengajar di kelas yang sesungguhnya. Kemudian, mahasiswa menempuh real pupil teaching sebagai ujian dari PPL I. Dengan real pupil teaching, mahasiswa akan menghadapi anak-anak secara langsung dan nyata untuk pertama kali. Sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan PPL II adalah TK PKK Marsudisiwi yang beralamat di Padukuhan Gunung Kelir, Kelurahan Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan selama 14 kali mengajar, 4 kali mengajar terbimbing, 8 kali mengajar mandiri dan 2 kali ujian. Untuk dapat mengajar dengan baik, mahasiswa membuat rencana kegiatan yang kemudian dikonsultasikan pada guru agar pembelajaran berjalan dengan baik. Selain program pengajaran, mahasiswa juga merancang program nonpengajaran sebagai program yang mendukung pembelajaran dan kualitas sekolah. Di bidang pendidikan ada 16 program, yaitu Perapian Administrasi kelas, Perapian administrasi sekolah, Pendampingan Ekstrakurikuler, Open House, Parenting, Tamanisasi, Field Trip, Lomba Kemerdekaan, Senam, Cek Kesehatan Anak, Cooking Day, Pengadaan Tiang Bendera, KerjaBakti, Upacara, Perpisahan, Persiapan tutup tahun 2015/2016.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TK PKK Marsudisiwi, Pleret, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48062

Actions (login required)

View Item View Item