Pengaruh Model Group Investigation (GI) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Pada Materi Ekosistem.

Ilma, Rahmawati (2017) Pengaruh Model Group Investigation (GI) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Pada Materi Ekosistem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmawati-ilma-14725251014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model Group Investigation (GI) terhadap aktivitas belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA N 1 Cangkringan dan (2) mengetahui pengaruh model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem kelas X SMA N 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu Nonrandomize Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA N 1 Cangkringan yang berjumlah 196 siswa. Sampel penelitian dilakukan menggunakan cluster random sampling sehingga didapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XD sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas XC sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Kelas eksperimen kelas diberikan perlakuan berupa model GI dan kelas kontrol merupakan kelas yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dan nontes dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan Mann Withney U-Test jika data tidak memenuhi syarat parametrik dan menggunakan uji ANOVA jika terpenuhi syarat parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model GI pada materi ekosistem siswa kelas X di SMA N 1 Cangkringan dalam pembelajaran dilihat dari rata-rata skor aktivitas siswa yang telah diakumulasi dan termasuk dalam kategori baik dan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuaan menggunakan model GI dan siswa yang belajar tidak menggunakan model GI terhadap hasil belajar kognitif pada materi ekosistem kelas X SMA N 1 Cangkringan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, GI, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Ekosistem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:21
Last Modified: 09 May 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48049

Actions (login required)

View Item View Item