Aktualisasi Nila-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Dan SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Pratama, Febta (2017) Aktualisasi Nila-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Dan SMA Negeri 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-febta-pratama-15718251008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang diaktualisasikan dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMA Negeri 3 Yogyakarta, dan (2) mengetahui bentuk aktualisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sejarah oleh peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Peserta didik, dan guru sejarah di SMA Negeri 3 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive terdiri atas kepala sekolah, guru sejarah, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan simpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai-nilai karakter yang diaktualisasikan dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, saling menghargai, religius, rasa ingin tahu, sopan santun, dan cinta tanah air, dan (2) bentuk aktualisasi nilai karakter dalam pembelajaran sejarah oleh peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMA Negeri 3 Yogyakarta antara lain mengakui kalau belum mengerjakan tugas, ide gerakan vita biru, dan ulangan lisan meminta tugas pengganti sebagai bentuk tanggung jawab, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, memperhatikan teman yang presentasi, berdoa sebelum dan sesudah belajar, tadarus Al-qur’an, gemar membaca dan bertanya sebagai bentuk rasa ingin tahu, selalu ijin dan salam jika ingin keluar dan masuk kelas, wujud cinta tanah air ditunjukkan dengan rasa bangga akan kekayaan Indonesia, seperti mulai suka mengunjungi candi, dan senang akan produk lokal, seperti batik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi, Nilai-nilai karakter, Pembelajaran sejarah, Sekolah Menengah Atas
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:54
Last Modified: 09 May 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48039

Actions (login required)

View Item View Item