LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Suasti Ayu Triwijiastuti, Suasti Ayu Triwijiastuti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) semseter khusus tahun 2016 dilaksanakan selama 2 bulan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sarana pembekalan bagi mahasiswa kependidikan sekaligus persiapan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Pada kesempatan ini, mahasiswa melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMA N 1 Banguntapan yang beralamat di Ngentak, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Secara garis besar kegiatan PPL meliputi tahap persiapan di kampus berupa micro teaching atau pengajaran mikro, observasi sekolah dan praktik mengajar, pembekalan PPL, pelaksanaan PPL, dan analisis hasil pelaksanaan PPL. Kegiatan praktik mengajar baik mengajar terbimbing maupun mengajar mandiri dimulai pada tanggal 25 Juli 2016 sampai 31 Agustus 2016. Dalam praktik mengajar ini, mahasiswa mengampu kelas XI IPA 2 walaupun terkadang diberi kesempatan mengajar kelas XI IPA 3, X MIA 3, MIA 4, dan XII IPA 2 untuk menggantikan guru pembimbing. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan telah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 18 kali tatap muka (9 kali mengajar terbimbing dan 9 kali mengajar mandiri) di kelas utama, yakni XI IPA 2. Di samping kegiatan praktik mengajar, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan sekolah berupa tugas administrasi, piket sekolah, dan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas. Kegiatan PPL berakhir dengan adanya penarikan yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2016 oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk meminimalisir hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya dapat terlaksana. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMA N 1 Banguntapan, proses pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48027

Actions (login required)

View Item View Item