LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Patricia Sacita Hanindya Agni Megananda, Patricia Sacita Hanindya Agni Megananda (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Patricia Sacita Hanindya Agni Megananda 13303244013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY yang mengambil jurusan kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sarana pembekalan bagi mahasiswa kependidikan sekaligus persiapan untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Dalam hal ini, praktik pengalaman lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banguntapan. Tujuan praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang profesional, memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan. Serta meningkatkan kemampuan mahasiswa menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pengajaran mikro, kegiatan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, pelaksanaan PPL, pembuatan perangkat pembelajaran dan evaluasi. Dan sebelum kegiatan PPL di mulai terlebih dahulu mahasiswa mendapatkan pembekalan PPL dari pihak UNY. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua bidang yaitu praktik mengajar dan administrasinya serta kegiatan rutin piket harian yaitu menggantikan guru piket. Kurikulum yang digunakan di SMA Negeri 1 Banguntapan untuk kelas X adalah Kurikulum 2013 Revisi. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 28 Juli sampai dengan 1 September 2016. Jumlah jam dalam seminggu adalah 6 jam pelajaran di kelas X IIS 1 dan X IIS 2. Dalam kegiatan pembelajaran, praktikan menyusun kegiatan pembelajaran yang variatif sehingga dapat berjalan dengan lancar. Setelah melaksanakan kegiatan PPL selama sembilan minggu, hasilnya dapat dirasakan oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dengan pelaksanaan PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan dibidang kegiatan pembelajaran. Selain itu, mahasiswa juga belajar menjalin komunikasi yang baik antar sesama mahasiswa maupun dengan lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 1 Banguntapan, Proses Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47973

Actions (login required)

View Item View Item