Dwi Astuti, Nuzula and Jumadi, Jumadi (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI_NUZULA DWI ASTUTI_13302241053.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada materi hukum-hukum Newton antara siswa kelas X SMA N 1 Jogonalan yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Course Review Horay (CRH) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengandesain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA pada kategori rendah. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling dan diperoleh siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini diantaranya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal pre-test dan post-test yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan uji Ancova dan General Linear Model Mixed Design. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengalami pembelajaran menggunakan model Course Review Horay dan model Direct Intruction. Prestasi belajar siswa menggunakan model Course Review Horay lebih tinggi dibandingkan model Direct Instruction dengan rata-rata 64,9 dan 56,2, dalam skala 100. Kata kunci: Course Review Horay, Direct Instruction, Hasil belajar fisika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 01:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |