Studi Komparasi KTSP Dan Kurikulum 2013 dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Kota Yogyakarta.

Fikri, Asyrul (2017) Studi Komparasi KTSP Dan Kurikulum 2013 dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asyrul-fikri-15718251005.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan antaraKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan Kurikulum 2013 dalam penanaman nilai-nilai karakter pada mata pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan SMAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang menggunakan kurikulum KTSP dan SMAN 2 Yogyakarta yang menggunakan Kurikulum 2013. Subjek penelitian adalah peserta didik, guru, kepala sekolah, dan karyawan. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah peneliti sendiri. Proses pengujian keabasahan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi triangulasi dan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Hubermanyaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses penanaman nilai-nilai karakter sudah dilaksanakan oleh kedua sekolah. SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terdapat beberapa kelemahan, yaitu pada kelengkapan administrasi mengajar seperti RPP yang tidak memasukkan nilai-nilai karakter dan pada evaluasi yang hanya berfokus pada ranah kognitif saja. Sedangkan di SMAN 2 Yogyakarta interaksi antara guru dan peserta didik di luar kelas menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan beban mengajar guru yang semakin banyak. Kemudian ditemukan adanya perbedaan dan kesamaan dalam penanaman nilai-nilai karakter pada mata pelajaran sejarah. Perbedaan tersebut terlihat pada beberapa aspek yaitu, program sekolah, sarana dan prasarana, kepemimpinan kepala sekolah, metode pembelajaran yang digunakanguru sejarah, materi sejarah, evaluasi dalam pembelajaran sejarah, dan faktor penghambat.Namun, dari perbedaan dan ciri khas tersebut ditemukan kesamaan yaitu nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada mata pelajaran sejarah. Nilai-nilai karakter tersebut disesuaikan dengan materi dan lingkungan peserta didik yaitu, religius, toleransi, kepahlawanan dan patriotisme.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KTSP, Kurikulum 2013, Nilai-Nilai Karakter, Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:55
Last Modified: 09 May 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47957

Actions (login required)

View Item View Item