PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) KELAS III SD NEGERI SURYODININGRATAN I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Rezeki, Pitrolina Sri (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) KELAS III SD NEGERI SURYODININGRATAN I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pitrolina Sri Rezeki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui model tutor sebaya (peer tutor)kelas III SD Negeri Suryodiningratan I Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dilakukan dengan langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan yang berjumlah 23 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model tutor sebaya (peer tutor) pada siswa kelas III SD Negeri Suryodiningratan I setelah menggunakan 1) tindakankerja kelompok di dalam kelas 2) tindakan kerja kelompok di luar kelas. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pada pra tindakan ada 13 siswa atau 56,52% dari seluruh siswa yang mendapatkan nilai ≥70. Sedangkan siklus I ada 17 siswa atau 73,91% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 70, sedangkan hasil tes pada siklus II ada 21 siswa atau 91% dari seluruh siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70. Hal ini berarti mengalami peningkatan persentase siswa yang mendapat nilai ≥ 70 dari siklus I ke siklus II sebanyak 17,39%. Nilai rata-rata hasil tes dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 7 yaitu dari 75, 2 menjadi 82,2%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pembelajaran tutor sebaya (peer tutor).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:54
Last Modified: 30 Jan 2019 13:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47955

Actions (login required)

View Item View Item