Keefektifan Media Poster dan Film Dokumenter dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman.

Nuryadi, Israr (2017) Keefektifan Media Poster dan Film Dokumenter dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-israr-nuryadi-14715251009.swf

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) keefektifan media poster dibandingkan dengan media konvensional; (2) keefektifan media film dokumenter dibandingkan dengan media konvensional; dan (3) keefektifan media poster dibandingkan film dokumenter dalam pembelajaran menulis deskripsi. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan randomized prettest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah 155 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gamping, Kabupaten Sleman. Sampel penelitian ini adalah 75 siswa, dengan rincian kelas XA (25); XB (25); dan XC (25) yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui penugasan menulis deskripsi dan dinilai berdasarkan lembar penilaian disertai rubrik.Validitas instrumen menggunakan pendapat para ahli dan dinyatakan valid serta realibilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach dengan r sebesar 0,791. Data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan program SPSS 22,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media poster lebih efektif dibandingkan media konvensional dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan mean difference 3,080 atau signifikan dengan nilai p≤0,05; (2) media film dokumenter lebih efektif dibandingkan dengan media konvensional dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan mean difference 7,200 atau signifikan dengan nilai p≤0,05; dan (3) media film dokumenter lebih efektif dibandingkan media poster dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan mean difference sebesar 4,120 atau signifikan dengan nilai p≤0,05. Berdasarkan penelitian tersebut, media film dokumenter adalah media yang paling efektif dengan urutan film dokumenter, poster, dan konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media poster, media film dokumenter, menulis deskripsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:02
Last Modified: 09 May 2019 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47952

Actions (login required)

View Item View Item