PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VA SD NEGERI 1 BLUNYAHAN, SEWON, BANTUL

Inga, Marlin Lika (2017) PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VA SD NEGERI 1 BLUNYAHAN, SEWON, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Marlin Lika Inga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa khususnya dalam proses pembelajaran PKn kelas VA SD Negeri 1 Blunyahan, melalui penerapan cooperative learning tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Blunyahan yang berjumlah 24 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa melalui penerapan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif yaitu dengan mencari kriteria peningkatan keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VA SD Negeri 1 Blunyahan. Proses peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu: 1) Siswa berpartisipasi (kerja sama/diskusi) dalam kelompok, 2) Siswa menyanggah/respon balik antar siswa/guru, 3) Siswa bertanya terhadap guru, teman kelompok atau kelompok lain terkait materi yang siswa belum mengerti, 4) Siswa aktif dalam menyampaikan pendapatnya terkait materi/terlibat dalam pemecahan masalah. Pada pra-siklus, indikator keberhasilan yang diperoleh siswa sebesar 21%. Pada siklus I meningkat menjadi 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 79% berkategori baik. Kata kunci: Keaktifan Siswa, Pendekatan Cooperative Learning tipe Jigsaw, Siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 13:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47947

Actions (login required)

View Item View Item