UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JARAKAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Leksair, Markus Alexander (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JARAKAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Markus Alexander Lexair.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruangmelalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas V SD Negeri 3 Jarakan Sewon Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart (Suharsimi Arikunto, 2002 : 84). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Jarakan yang berjumlah 29 siswa yeng terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman penilaian tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang semakin terlihat pada siklus II yang dilaksanakan dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Pada siklus I terlihat masih banyak siswa yang kurang terlibat dan tidak bisa mengerjakan tugas secara akitif di dalam kelompoknya masing-masing, dikarenakan pembagian siswa secara kelompok guru hanya menyuruh siswa sendiri yang berkelompok, sehingga siswa yang pintar duduk sama yang pintar sedangkan siswa yang kurang pintar duduk sama yang kurang pintar, peningkatan hasil belajar siswa belum meningkat dan guru belum terlalu mengetahui tentang langkah-langkah pembelajaran CTL sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang menarik dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar. Pada siklus II permasalahan hasil belajar siswa dapat teratasi dengan adanya pembagian kelompok oleh guru secara heterogen dan sama rata, artinya guru membagikan siswa secara berkelompok dengan cara siswa yang kurang pintar duduk dengan siswa yang pintar agar siswa yang kurang pintar dapat terlibat aktif secara berkelompok, sehingga pada siklus II ini hasil belajar siswa sudah meningkat. Kata kunci: Hasil belajar matematika, Sifat-sifat bangun ruang, Model CTL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 13:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47944

Actions (login required)

View Item View Item