MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS KECAMATAN GONDOMANAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Nur ‘Aliyah, Istiqomah (2017) MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS KECAMATAN GONDOMANAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Istiqomah Nur 'Aliyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Kecamatan Gondomanan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD se-Gugus Kecamatan Gondomanan tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 411 siswa. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling berimbang (proportional sampling) sehingga diperoleh anggota sampel sebanyak 203 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket (kuesioner). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala. Validasi instrumen menggunakan penilaian ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Kecamatan Gondomanan tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan oleh rhitung= 0,577 > rtabel= 0,137. Kata kunci: kreativitas mengajar, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2017 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 13:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47932

Actions (login required)

View Item View Item