LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Joni Sukma Adi, Joni Sukma Adi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13206241044_JONI SUKMA A..pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan dengan berlangsungnya pembelajaran. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 bertempat di SMK Negeri 2 SEWON yang beralamat di beralamat di Jalan Parangtritis km 7 Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan dengan ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Sebelum memulai kegiatgan mengajar dalam praktek lapangan, mahasiswa melakukan persiapan secara teori maupun praktek, mahasiswa wajib lulus mata kuliah pengajaran micro, pembekalan PPL dan memperoleh data melalui observasi sekolah yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Melalui hasil observasi mahasiswa mengetahui permasalahan yang terdapat disekolah maupun potensi akademi yang terdapat di sekolah, denmgan ini mahasiswa mempersiapkan program PPL. Berdasarkan hasil observasi, maka mahasiswa dapat merencanakan beberapa program yang akan dilaksanakan selama PPL. Program PPL yaitu konsultasi dengan guru pembimbing dan konsultasi dengan dosen pembimbing PPL untuk kemudian menyusun perangkatan pembelajaran, mencari bahan untuk mengajar, mengajar, membuat lembar kerja, membuat soal ulangan dan praktek membuat karya. Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik yang sangat bermanfaat. Selain pengalaman mengajar, mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan tugas guru di sekolah sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman langsung untuk bekal menjadi guru di kemudian hari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 2 SEWON, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Mar 2017 01:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47924

Actions (login required)

View Item View Item