LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

WAHYU NURHIDAYAT, WAHYU NURHIDAYAT (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13206241043_Wahyu Nur Hidayat.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Sewon telah dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 september 2016. Kelompok PPL di lokasi ini berjumlah 14 mahasiswa yang terdiri dari 4 mahasiswa dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Seni Kerajinan, 2 mahasiswa dari Pendidikan Seni Rupa, 2 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Fisika, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Sejarah, 2 mahasiswa dari Pendidikan Busana.. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memeberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogil, kepribadian, profesional, dan sosial. Selain itu, mahasiswa dapat merasakan dunia kependidikan secra langsung Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdpat beberapa kendala. Kendala-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing dan terus memperbaiki diri selama proses pembelajaran. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat melaksanakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang ada dikelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala keragaman dan problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa di SMK Negeri 2 Sewon berjalan dengan lancar. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi ilmu selama di kmapus benar-benar diterapkan saat PPL berlangsung. Mahasiswa PPL belajar tentang manajemen kelas dan mengelolanya. Hal yang paling penting dari PPL ini adalah mahasiswa memperoleh kegiatan berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan siswa, guru, maupun masyarakat sekolah..

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK Negeri 2 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Mar 2017 01:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47922

Actions (login required)

View Item View Item