PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL

Putri Desi Nurcahyani, Putri Desi Nurcahyani (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN IPS_ PUTRI DESI NURCAHYANI_13416241063.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. PPL merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan UNY. PPL bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik serta memberikan pengalaman mengajar dalam kelas. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. SMP N 3 Sewon sendiri terletak di Dusun Kaliputih,Pendowoharjo,Sewon, Bantu. Program PPL di SMP N 3 Sewon dilaksanakan pada 18 Juli sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan, serta kegiatan yang ada dalam sekolah tersebut.. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan PPL di SMP 3 Sewon sudah memenuhi, 14 kali Pertemuan dengan mengajar di 1 kelas yaitu kelas VII A, dan ada kalanya juga mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D ketika guru pembimbing tidak dapat mengajar kelas. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, dan metode Jigsaw. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain video, laptop, LCD, serta LKS. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Ilmu Sosial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL ,UNY, SMP N 3 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Mar 2017 00:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47917

Actions (login required)

View Item View Item