LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 DI SMP N 3 SEWON

Zulfatin Rahmahani, Zulfatin Rahmahani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 DI SMP N 3 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAHASA INGGRIS_ ZULFATIN RAHMAHANI_13202241049.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. PPL diharapkan dapat menjadi sarana untuk mahasiswa menggali lebih banyak ilmu, mendapatkan sebanyak-banyaknya pengalaman, dan mempraktikan ilmu dan teori yang telah di dapatkan di bangku perkuliahan. Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. SMP N 3 Sewon berlokasi di Jl. Bantul Km 6,7 Dusun Kuliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Program PPL di SMP N 3 Sewon dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Selama melaksanakan PPL, kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Praktik mengajar terbimbing, 3) Praktik mengajar mandiri dengan spesifikasi mata pelajaran yang diajarkan yaitu Bahasa Inggris, serta 4) Pendampingan Kegiatan Sekolah. Dari berbagai kegiatan tersebut, nantinya terbagi menjadi dua pokok kegiatan yaitu (a) Kegiatan Mengajar dan (b) Kegiatan Non-Mengajar. Kegiatan mengajar yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Praktik mengajar di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan sesuai dengan ketentuan dari LPPMP, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 26 kali untuk 7 kelas. yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII D, VII A, VII B, VII C, dan VII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, genre based approach, PPP, scientific method, ditambah dengan diskusi, tanya jawab ,permodelan dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, salah satunya adalah alat presentasi powerpoint. Penilaian PPL dalam praktik mengajar di dalam kelas dinilai oleh guru pembimbing. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 08:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47909

Actions (login required)

View Item View Item