PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA

Nungki Arsanty, Vizensia and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis Science Technology Society (STS) yang layak untuk pembelajaran dalam peningkatan penguasaan materi dan pencapaian kreativitas peserta didik SMA. Selain itu, untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi Fisika peserta didik SMA yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Science Technology Society (STS) hasil pengembangan, serta pencapaian kreativitas peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Science Technology Society (STS) hasil pengembangan. Perangkat pembelajaran ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Wates terhadap peserta didik kelas XI semester I. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, instrumen penilaian penguasaan materi dan instrumen penilaian kreativitas. Produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Setelah melewati tahap validasi maka perangkat pembelajaran yang sudah direvisi diujicoba secara terbatas pada peserta didik. Pada tahap ujicoba, nilai instrumen pre-test dan post-test dianalisis kemudian diperoleh nilai standard gain yang selanjutnya digunakan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi. Sedangkan pencapaian kerativitas diperoleh dari hasil analisis Lembar Observasi Kreativitas dan Lembar Penilaian Tes Kreativitas. Selain validasi instrumen oleh validator ahli dan validator praktisi (validitas teoritis), untuk mengetahui kelayakan instrumen hasil pengembangan juga dilakukan analisis hasil ujicoba (validitas empiris). Telah dihasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, inatrumen penilaian penguasaan materi, dan instrumen penilaian kreativitas dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi dan untuk pencapaian kreativitas. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan tidak efektif untuk meningkatkan penguasaan materi karena diperoleh nilai standard gain sebesar -0,027 pada kategori rendah. Pencapaian kreativitas peserta didik sangat baik dengan presentase sebanyak 38,33%, baik dengan persentase 41,67%, dan cukup dengan persentase 20,00% dari keseluruhan peserta didik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Science Technology Society (STS), mata pelajaran fisika SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:15
Last Modified: 30 Jan 2019 13:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47906

Actions (login required)

View Item View Item