PENGEMBANGAN LKPD FISIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA MAN GODEAN PADA MATERI POKOK GERAK LUR

Hikmatun Nissa, Lutfikha and Sukardiyono, Sukardiyono (2017) PENGEMBANGAN LKPD FISIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA MAN GODEAN PADA MATERI POKOK GERAK LUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LUTFIKHA HIKAMTUN NISSA_PENDIDIKAN FISIKA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi gerak lurus dengan strategi pembelajaran induktif untuk mengukur keterampilan berfikir kritis siswa. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2) aspek kepraktisan, 3) aspek keefektifan ditinjau dari keterampilan berfikir kritis siswa. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 MAN Godean. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, 2) angket respon dan lembar observasi untuk mengukur kepraktisan, 3) soal kemampuan berfikir kritis untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 3,12 dari skor maksimal 4 yang berarti baik, dan skor rata-rata LKPD yaitu 3,24 dari skor maksimal 4 yang berarti baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respon siswa yaitu 2,89 dari skor maksimal 4 yang berarti baik, skor respon guru yaitu 3,89 dari skor maksimal 4 yang berarti sangat baik, dan presentase hasil observasi pembelajaran 77,03 yang berarti cukup. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari kemampuan berfikir kritis peserta didik belum memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh presentase ketuntasan peserta didik yaitu 0% yang berarti sangat kurang dan skor rata-rata kemampuan berfikir kritis peserta didik yaitu 67,35 yang berarti kurang. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Induktif, Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 13:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47901

Actions (login required)

View Item View Item