Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri digabung dengan Problem Posing terhadap Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Semester Genap Madrasah Aliyah Wahid Hasyim.

Burhan, M. Masruri (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri digabung dengan Problem Posing terhadap Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Semester Genap Madrasah Aliyah Wahid Hasyim. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-masruri-burhan-13709251058.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Inkuiri digabung dengan problem posing yang valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar kerja siswa (LKS) pada pelajaran matematika Madrasah Aliyah kelas X semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba terbatas; (7) revisi terhadap produk operasional; (8) uji coba lapangan operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) desiminasi. Subjek uji coba penelitian yaitu 51 siswa, dan tiga orang guru Madrasah Aliyah Wahid Hasyim, Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan Tes berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas XA dan XB semester genap, meliputi Silabus, RPP, dan LKS. Silabus, RPP, dan LKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif. Kevalidan produk terlihat dari hasil uji validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mancapai kriteria valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar penilaian guru yang menunjukan bahwa produk telah memenuhi kriteria sangat baik; hasil pengisian lembar penilaian siswa menunjukan bahwa produk mencapai kriteria sangat baik; dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85%. Keefektifan produk terlihat dari perolehan hasil tes berpikir tingkat tinggi siswa yang menunjukan sekitar 76,47% (> 75%) siswa telah mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 74,88 dan adanya peningkatan rata-rata skor pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 13 Mar 2017 06:53
Last Modified: 13 Mar 2017 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47899

Actions (login required)

View Item View Item