LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Yeny Varitasari, Yeny Varitasari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241057_YENY VARITASARI _PG-PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah PPL mengharuskan mahasiswa terjun langsung di sekolah atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari bangku perkuliahan. Mahasiswa belajar untuk merencanakan kegiatan, mengembangkan media pembelajaran untuk mengajar, melaksanakan rencana kegiatan yang telah dibuat, dan membuat alat penilaian serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh guru agar dapat menikngkatkan kualitas yang dimiliki. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih 2 bulan yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016 dan dilaksanakan di kecamatan Bambanglipuro, tepatnya di TK KKLKMD Sidomaju Plebengan. Dalam waktu tersebut diharapkan dapat cukup untuk memberikan bekal bagi mahasiswa ketika kelak sudah menjadi guru. Sebelum mahasiswa melaksanakan PPL mahasiswa terlebih dahulu dibekali dengan pembelajaran mikro, hal ini diharapkan agar mahasiswa siap untuk mengajar di kelas yang sesungguhnya. Selanjutnya, mahasiswa menempuh real pupil teaching sebagai ujian dari micro teaching. Dengan real pupil teaching, mahasiswa akan menghadapi anak-anak secara langsung dan nyata untuk pertama kali di TK KKLKMD Sidomaju Plebengan yang sebelumnya telah ditunjuk sebagai lokasi PPL. Pelaksanaan PPL diawali dengan observasi, selanjutnya tahap pelaksanaan PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk 8 kali mengajar, 4 kali mengajar terbimbing, 2 kali mengajar mandiri, dan 2 kali ujian yang dilaksanakan di TK A dan TK B. Untuk dapat mengajar dengan baik, mahasiswa membuat rencana kegiatan yang kemudian dikonsultasikan pada guru agar pembelajaran berjalan dengan baik. Selain kegiatan pembelajaran kegiatan PPL juga meliputi kegiatan mural di dinding bangunan sekolah, special day berupa kegiatan jalan-jalan dan lomba-lomba untuk memperingati HUT RI. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di TK KKLKMD Sidomaju dapat berjalan secara lancar dan sesuai dengan perencanaan berkat bantuan semua pihak. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: TK KKLKMD Sidomaju, PPL, Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 05:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47893

Actions (login required)

View Item View Item