LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK PKK 106 MERTEN GADINGHARJO

Lia Kusuma, Lia Kusuma (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK PKK 106 MERTEN GADINGHARJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111244004_LIA KUSUMA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PPL UNY kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di Kecamatan Sanden , tepatnya di TK PKK 106 Merten yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 pada hari senin sampai dengan jum’at. TK PKK 106 Merten ini terletak di Dusun Merten Desa Gadingharjo Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak selain itu kegiatan PPL bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang ada di lingkungan sekolah secaara langsung sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksannan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL yaitu dengan melihat potensi yang ada disekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut, selanjutnya tahap pelaksannan PPL, sebelum melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa telah dibekali pengalaman melelui mikro teaching agar pada pelaksanaan pengejaran mahasiswa dapat mengajar dan menerapkan ilmu yang dimilikinya, pelaksannan progam PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelas yaitu kelas A dengan jumah siswa 18 dan kelas B dengan jumlah siswa 14. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak enam kali yaitu tiga kali kelas A dan tiga kali kelas B yang meliputi empat kali terbimbing dan dua kali ujian. Kegiatan PPLyang dilaksanakan di TK PKK 106 Merten dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warja sekolah. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengajaran, TK PKK 106 Merten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 02:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47873

Actions (login required)

View Item View Item