Sistem Penjadwalan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Web Content Management System.

Muskhir, Mukhlidi (2017) Sistem Penjadwalan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Web Content Management System. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-mukhlidi-muskhir-10702269011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penyusunan penjadwalan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), agar lebih tertata dengan standar penyusunan yang sesuai dengan kebutuhan SMK. Keluaran dari penelitian ini adalah model pengembangan dan aplikasi perangkat lunak penjadwalan pembelajaran di SMK. Model Pengembangan Aplikasi Penjadwalan merupakan blue print pengembangan aplikasi perangkat lunak. Melalui standar dari pemodelan (blue print) dikembangkan sebuah aplikasi yang disebut dengan Sistem Informasi Penjadwalan Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SIP2SMK). SIP2SMK dikembangkan dalam penelitian ini dengan aplikasi pemrograman WEB. Penelitian ini dikembangkan dengan model Research and Development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan R&D yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Sepuluh langkah tersebut dikelompokkan kedalam empat tahapan yaitu (1) pendahuluan pengembangan; (2) pengembangan sistem; (3) implementasi dan uji coba; (4) penyelesaian produk. Pengembangan model perancangan aplikasi dilakukan dengan framework TOGAF yaitu salah satu framework Enterprise Architecture (EA). Validitas model perancangan aplikasi penjadwalan pembelajaran dilakukan melalui Expert Jugment. dengan uji Intraclass Correlation Coefficients (ICC). Implementasi dan uji coba aplikasi SIP2SMK juga di uji dengan ICC. Para pakar menilai Model Pengembangan Aplikasi Penjadwalan (blue print) dengan tingkat kesepakatan 0,866 dan konsistensi kesepakatan perorangan 0,617. Kesepakatan pakar tersebut menunjukkan bahwa model pengembangan telah dapat digunakan untuk pengembangan produk aplikasi perangkat lunak sistem penjadwalan pembelajaran di SMK. SIP2SMK dinilai oleh tiga kelompok yaitu (1) pengguna; (2) admin jurusan (perencana); (3) administrator (pengelola) dan penentu kebijakan. Diperoleh kesepakatan antar pengguna dengan koefisen koppa 0,805, kesepakatan antar penilaian dari admin program keahlian diperoleh koefisien koppa 0,776 dan kesepakatan antar penilaian dari administrator adalah 0,762. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa, SIP2SMK telah dapat diterima dan digunakan dalam menyusun penjadwalan pembelajaran di SMK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model, pengembangan, aplikasi, penjadwalan, web, SMK.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2017 02:49
Last Modified: 19 Aug 2022 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47869

Actions (login required)

View Item View Item