LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK PKK 106 MERTEN GADINGHARJO BANTUL TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Dian Oktavia Abadi, Dian Oktavia Abadi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK PKK 106 MERTEN GADINGHARJO BANTUL TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111244001_DIAN OKTAVIA ABADI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PPL UNY kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di Kecamatan Sanden, tepatnya di TK PKK 106 Merten yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 pada hari senin sampai dengan jum’at. TK PKK 106 Merten ini terletak di Dusun Merten, Gadingharjo, Sanden, Bantul. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak selain itukegiatan PPL bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang ada dilingkungan sekolah secaara langsung sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksannan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL yaitu dengan melihat potensi yang ada disekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan disekolah tersebut, selanjutnya tahap pelaksannan PPL, sebelum melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa telah dibekali pengalaman melelui mikro teaching agar pada pelaksanaan pengejaran mahasiswa dapat mengajar dan menerapkan ilmu yang dimilikinya, pelaksannan progam PPL yang meliputi progam pengajaran disekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelas yaitu kelas A dengan jumah siswa18 dan kelas B dengan jumlah siswa 14. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak enam kali yaitu tiga kali kelas A dan tiga kali kelas Byang meliputi empat kali terbimbing dan dua kali ujian. Kegiatan PPLyang dilaksanakandi TK PKK 106 Merten dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semuapihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 02:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47867

Actions (login required)

View Item View Item